Senin, 03 Oktober 2016

Menurunkan berat badan,siapkah kita?


Assalamualaikum pembaca jengkennes,?

Siapa yang nggak mau punya tubuh langsing? Sebagian besar perempuan juga pastinya mau ya punya tubuh langsing. Ya kalaupun nggak langsing langsing amat, juga yang penting tubuhnya ideal dan nggak kelihatan gendut juga. kenapa? Soalnya udah jadi trend kalau perempuan cantik itu definisinya adalah perempuan yang tubuhnya langsing, putih bersih, dan berambut panjang. Hmm, nggak beda juga ya sama penampakan kuntilanak kalau gitu. :3

Karena saking pengennya langsing, banyak perempuan yang menempuh berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Termasuk saya sendiri, saya pernah punya tubuh yang beratnya jauh dari kata normal. Gendut gila pokokmen, waktu itu berat badan saya 60kg, dengan tinggi badan yang Cuma sekitar 155cm. Kegendutan banget pokoknya, suka ngeri kalau lihat foto jaman itu.

Dulu saya juga getol banget menurunkan berat badan, dengan berbagai cara pula. Olahraga nggak pernah absen, mulai dari basket, dance, sampai rajin juga ke gym. Tapi habis olahraga, sama aja makan somay satu porsi besar pake sampel kacang, plus gorengan sekalian es tehnya. Gituu terus tiap hari, nggak lupa juga sebelum tidur pesti sit up dulu, terus minum obat pelangsing. Duuuh, obat pelangsing tu nggak disarankan baget deh pokoknya. Beneran nggak bikin berat badan turun juga kok, tapi sakit malah iya.

Akhirnya saya nggak pernah olahraga dan nggak pernah diet lagi sampai akhirnya menikah dan punya anak. Naah, setelah melahirkan anak pertama justru berat badan saya turun drastis dari yang sebelum hamil 54 kg, jadi 43 kg setelah melahirkan. Yess, bahagia banget pokoknya. Yang saya inget, saya nggak pernah diet-dietan. Cuma, waktu itu saya janrang banget makan gorengan, makanan bersantan, terus minum manis juga saya jarang banget. yang ada, seringnya makan rebusan daun katuk, daun ketela, pokokmen sayur sayuran yang direbus terus pake sambel gitu. eeeh malah turun dengan sendirinya berat badan saya.

Sekarang ini, berat badan saya udah naik lagi diatas 50kg lagi deh kayaknya. Saya takut nimbang, tapi udah berasa berat aja ini badan. Tandanya emang saya gemukan. Kenapa? Soalnya saya makannya asal banget lagi, jarang makan sayur hijau, makan gorengan, makanan bersantan, minum teh manis terus-terusan, makan brownies,cake,pizza, yang isinya lemak semua pokokmen. Argggh panik pokoknya.

Terus sebenernya saya sadar sih, kalau mau berat badan turun yang paling penting atur pola makannya. Saya baca di blog temen, jeng lisna dwi, dia berhasil diet dengan mengatur pola makan. Dan menyaring makanan yang masuk ke tubuh kita. Penting banget, no minyak goreng, no gula, no santan. Waktu itu juga saya nonton pengalamannya tya subiyakto, dia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 40kg, dalam waktu 1,5 tahun. Yang dilakukan juga Cuma mengatur pola makan dan membatasi apa yang masuk ke tubuh kita.

Musuh utama yang bikin gendut sih emang minyak goreng, santan, dan gula. Itu jahat banget pokoknya. Cuma, kalau bener-bener mau menghindari itu semua secara langsung apakah kita siap? Itu kan enak banget. coba sehari nggak makan tempe goreng tepung, atau tahu isi, terus ayam goreng. Terus sehari nggak boleh minum teh manis? Emang udah siap? Kalau saya sih belom siap banget kalau harus langsung nggak pegang makanan itu tiap hari. Kalau pas bulan puasa aja, buka puasa harus ada gorengan sama teh manis kok. kalau menghindari santen sih saya masih kuat. Nggak terlalu suka santen soalnya.

Tapi, semua kembali ke niat kok. kalau emang udah tekat mah, siap siap aja menghindari semua makanan jahat penyebab berat badan naik itu.


See u next post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar, yang sopan ya...